Menurut situs Mugen Eropa, balap sepeda motor listrik Isle Of Man TT Zero akan ditiadakan pada tahun 2020 serta 2021. Salah satunya faktanya sebab balapan dipandang monoton dalam tahun-tahun ini. Monoton sebab pertandingan beradu cepat 1 lap yang diadakan pertama-tama pada tahun 2010 ini, tetap dijuarai oleh motor Mugen Shinden semenjak tahun 2014 s/d tahun 2019. Mugen Shinden menggenggam rekor kecepatan pucuk, 196 Km/jam.

Peserta lain dipandang akan kesusahan untuk memburu/menyamakan tehnologi yang digunakan Mugen Shinden untuk 1-2 tahun ke depan. Pemahaman itu lumrah sebab tahun-tahun ini, kompetitor Mugen hanya motor bikinan mahasiswa.

Bukan menyepelekan kompetitor itu, tapi Mugen menggunakan elemen after pasar yang jempol, sesaat kompetitornya masih memercayakan elemen kombinasi di antara elemen bikinan/hasil analisa mahasiswa dengan elemen dari sponsor. Contoh berikut beberapa detail dari Mugen Shinden (Mugen) versus University of Nottingham ( UoN ) di seri tahun 2019 :

- UoN = perancangan serta bikinan mahasiswa University of Nottingham dengan pertolongan tehnis serta sponsor dari beberapa perusahaan seperti Arnold Magnetic Technologies Corporation, Easy Composites Ltd, Renishaw UK ( 3D printing ). Wuiiiks, buat iri mahasiswa Indonesia !

Sepeda motor berpenggerak energi listrik masih termasuk baru serta tehnologi masih bertumbuh. Biaya pengembangannya ( motor listrik, baterei, inverter/drive train), ditambah lagi untuk dapat berkompetisi di lomba balap, masih mahal. Walau balapan cuma dibatasi 1 putaran/1 lap, biaya itu masih tinggi. Peraturan masih tetap dapat disebutkan terbuka. Intinya berpenggerak motor listrik,... dapat berperan serta.

Strategi Menang Jackpot Main Mesin Slot Terpercaya

Fakta lain IOM TT Zero dibekukan dahulu, sebab balapan diangap belum sukses menarik banyak ketertarikan pabrikasi/pembuat sepeda motor listrik untuk turun berlomba-lomba.

Dibaca dari data di situs Wikipedia, dari tahun 2010 s/d tahun 2019, jumlah peserta setiap tahun kurang dari 10 motor serta beberapa tahun paling akhir, umumnya pesertanya datang dari privateer/tim kecil/tim kampus. Sarolea/Belgia, cuma turut tahun 2014, 2015 serta 2017. Energica, cuma diwakilkan oleh tim privateer/Moto Corsa pada tahun 2017, 2018.

Apa motor Mugen Shinden akan diarahkan ke balap sepeda motor listrik lainnya ? Ada balap Pikes Pike Hill di Amerika, tapi semenjak tragedi tewasnya Carlie Dunne tahun kemarin, balap untuk kelas motor sesaat ditiadakan. Selanjutnya ada balap Open eSBK. Jika dibaca di situs nya, belumlah ada lanjutan sesudah seri pertama bulan Mei tahun 2019. Masih ada banyak kejuaraan yang mengikutkan kelas sepeda motor listrik, tapi tentu tidak cukup penting/prestise untuk diiringi oleh Mugen Shinden. Pilihan mengadakan one make race Mugen Shinden ?

Dapat jadi, asal dibantu oleh Honda ! Sesaat untuk sekarang ini, Honda belum juga terlihat menonjol peningkatan sepeda motor listriknya. Berkesan wait and see sekalian development. Salah satunya development nya melalui Mugen ! Yang tentu tehnologi Mugen Shinden tidak disia-siakan. Lewat websitenya, saat informasi panitia mengenai penghilangan balap IOM TT Zero 2020 serta 2021, Mugen memberitahukan jika mereka akan meningkatkan tehnologi Mugen Shinden ke electric motorcrosser "E.REX". Motor itu sudah dikenalkan waktu Tokyo Motor Show 2019. Kita nantikan aksi motor kembaran Honda CR Electric menantang electric dirt bike lain seperti KTM E-Ride, Milandr SM-250, Tacita Dakkar Rally dirt bike dan lain-lain.