Keberlangsungan karier Valentino Rossi di MotoGP 2021 jadi pembicaraan hangat ditengah-tengah absennya balap 2020. Awalnya, Yamaha lewat Lin Jarvis jamin supportnya pada Rossi bila akan berkarier di 2021. Tetapi tidak untuk ada di team penting lagi.

Ke Team Satelit, Rossi Turun Derajat?

Salah satu team satelit Yamaha yang bertanding di MotoGP ialah Petronas SIC Racing Tim (Petronas SRT).

Semenjak 2019 Petronas SRT jadi suksesor Tech 3 yang keluar ke KTM. Tech 3 tertarik oleh pabrikasi asal Austria yang tawarkan sarana salah satunya spesifikasi motor yang sama juga dengan team pabrikasi. Hal yang tidak didapat waktu di Yamaha.

Pada musim pertama kalinya, Petronas SRT mampu menarik perhatian lewat performa ciamik debutan asal Perancis, Fabio Quartararo. Monster Energy Yamaha untuk team pabrikasi juga pada akhirnya mengikatnya dalam kontrak mulai 2021 akan datang untuk membalap bersama-sama Maverick Vinales.

Kejelasan sama belum didapat Valentino Rossi di Petronas SRT. Bos Petronas SRT, Razlan Razali menjelaskan jika teamnya akan memberitahukan nama pembalap ke dua di rata-rata Juli - Agustus tahun ini.

Kecuali Rossi, Petronas SRT juga memperhitungkan nama lain yang disebut pembalap mereka di Moto2, Xavi Vierge. Walau sudah bertanding di kelas ini semenjak 2015, Vierge belum mencatatkan prestasi yang mencolok. Perolehan terbaik ialah rangking ke-11 pada musim 2017 serta 2018.

Bila terima Rossi di squad-nya, karena itu Petronas akan mengejar perlakuan istimewa dari pabrikasi seperti waktu Tech 3 terima pinangan KTM serta Ducati yang meningkatkan posisi Avintia Racing dari team privateer ke team satelit.

Tetapi, Rossi juga harus ikhlas bila diletakkan untuk pembalap ke dua di bawah muridnya, Franco Morbidelli yang bisa menjadi pembalap penting seperginya Quartararo.

Aksi Petronas di Dunia Balap

Petronas bukan sponsor kacangan di tempat motorsport.

Di pertandingan jet darat, telah semenjak 2010 mereka mensponsori team elit Mercedes GP F1 Tim. Waktu itu, 30 juta Pounds digulirkan ke team yang memayungi Michael Schumacher serta Nico Rosberg. Sampai sekarang, team asal Jerman itu dapat mendapatkan 6 titel juara dunia lewat Lewis Hamilton serta Nico Rosberg.

Strategi Menang Jackpot Main Mesin Slot Terpercaya

Di dunia balap roda dua, Petronas serta Sauber Engineering awalnya sempat membuat satu motor memiliki 899 cc untuk dilibatkan di MotoGP. Prototipe itu dikasih gelar GP-1.
Tetapi pada akhirnya motor itu di turunkan di tempat World Superbike lewat team garapan legenda superbike dunia, Carl Fogarty. Tekad Petronas tidak berbuah manis. Foggy Petronas dengan GP-1 yang berubah jadi FP-1 tidak mendulang hasil positif di tempat balap motor produksi massal itu. Pada akhirnya mereka juga mengundurkan diri di penghujung 2006.

Sekarang, Petronas berkesempatan mendapatkan sukses di tempat paling tinggi grandprix motor.

Kehadiran Rossi di garasi mereka pasti mengambil alih perhatian publik. Karena kabar berita tentang Rossi sampai sekarang masih ditunggukan oleh beberapa fansnya.

Walau demikian, Petronas tidak ingin demikian saja terima superstar MotoGP itu. Mereka juga memberi sasaran pada Rossi bila jadi masuk.

"Kami tidak mau Valentino cuma akhiri kariernya di sini bersama-sama kami. Kami tidak mau itu cuma jadi penutup untuknya, kami ingin ia melakukan secara baik serta tampil bersaing serta berusaha untuk tribune,"kata Razali seperti diambil Crash.net.

Pada musim 2019 lalu, Rossi ada di rangking ke-7 klassemen akhir. Catatan itu jadi catatan keburuknya di grandprix motor. Rangking yang sama diperolehnya waktu bela team merah, Ducati pada 2011.

Kepindahaan Rossi ke Yamaha pada 2004 diimbangi dengan berubahnya mahkota juara dunia dari Honda. Gelar Honda itu juga dipersembahkan Rossi pada 2001 --melalui team satelit Nastro Azurro-- serta 2002-2004 waktu Rossi masuk dengan Repsol Honda.

Gelar paling akhir Yamaha didapat pada 2015 lewat Jorge Lorenzo.

Sekarang, Yamaha menyiapkan amunisi berlapis untuk merampas kembali lagi titel juara. Dari menyiapkan ujung tombak di team penting lewat duet Vinales serta Quartararo, jamin suport penuhnya pada Rossi sampai mengambil Jorge Lorenzo yang barusan pensiun untuk dibuat untuk pembalap penguji.