Siapa yang tidak mengenal dengan figur Valentino Rossi, si legenda hidup di Grand Prix Motorcycle (MotoGP). Rider dengan panggilan The Doctor atau VR46 itu masih beraksi di dunia balap sampai saat ini.

Rider kelahiran Urbino, Italia ini adalah rider fantastis. Rossi adalah seorang pembalap MotoGP paling sukses selama hidup dengan koleksi 9 titel juara; 7 titel juara kelas pucuk (500cc/MotoGP) serta 2 gelar di kelas 250cc serta 125cc.

Kecuali untuk seorang olahragawan sukses, Rossi adalah bintang iklan untuk salah satunya produk motor pabrikasi asal Jepang yang benar-benar ikonik.

Untuk rider yang fantastis, Rossi mempunyai fans nyaris di penjuru dunia. Serta fans Rossi adalah fans yang populer fanatik, mempunyai kesetiaan tinggi, dan paling banyak dibanding rider lain!

Kesetiaan serta fanatisme fans Rossi ini bukanlah tanpa ada fakta. Seringkali si pujaan mangkir di seri balapan serta saat tidak mendapatkan tribune sekalinya mereka masih ada untuk memberikan suport.

Sekarang ini Valentino Rossi berusia 41 tahun. Kariernya bersama-sama Yamaha akan usai di moment MotoGP 2020. Pabrikasi asal Negeri Sakura itu malas perpanjang kontraknya dengan The Doctor.

Beberapa golongan menyebutkan Rossi tidak dapat berkompetisi lagi serta menyarankannya supaya selekasnya pensiun. Ini karena prestasi Rossi mulai turun serta jarang-jarang untuk memperoleh tribune juara.

Walau begitu, bos Suzuki, Davide Brivio malah larang Rossi untuk pensiun dari MotoGP. Brivio memandang Rossi belum memperlihatkan pertanda wajar pensiun untuk rider walau umurnya telah mencapai 41 tahun.

"Valentino Rossi tidak nampak siap untuk stop [pensiun], baik dari sisi motivasi, performa, dan bakat yang diperlihatkan. Saya pikir sekarang ini bukan waktu yang pas buat dianya untuk stop," kata Brivio sama seperti yang diambil dari Tuttomotoriweb.

The Doctor sendiri diberitakan sedang bernegosiasi dengan pabrikasi Petronas Yamaha SRT. Sampai sekarang ini belumlah ada kejelasan apa Rossi akan masuk atau mungkin tidak.

Sedikit pertanyaan prediktif, apa yang akan berlangsung bila Rossi betul-betul pensiun dari MotoGP?

Lihat karier Rossi yang demikian cemerlang dengan segudang prestasi serta fans demikian banyak pasti ketetapan untuk pensiunnya Si Pakar bisa banyak punya pengaruh di dunia MotoGP.

Strategi Menang Jackpot Main Mesin Slot Terpercaya

Semenjak beraksi di dunia balapan kelas paling tinggi, Rossi otomatis jadi merek MotoGP---menyebut Rossi bermakna memikirkan balapan motor.

Di golongan beberapa orang penggemar balap motor, merek MotoGP tidak sepopuler nama Valentino Rossi.

Demikian pula di golongan warga, muka Rossi benar-benar akrab. Ini karena mukanya terpajang di beberapa marchandise yang digunakan. Beberapa orang melihat MotoGP sekedar hanya untuk lihat laganya di atas kuda besi.

Beberapa musim paling akhir ada pembalap-pembalap muda yang diperkirakan akan meredupkan kecemerlangan Rossi. Faktanya tidak begitu. Walau redup, Rossi malah masih bertahan sampai saat ini.

Daya tarik serta nilai jual MotoGP ada di Valentino Rossi. Stylenya yang eksentrik di atau di luar circuit memberikan impak besar buat fans balapan motor.

Dikutip dari MotorPlus-online, berikut beberapa peluang bila Valentino Rossi pensiun dari dunia MotoGP.

Pertama, pemirsa alami pengurangan relevan. Berdasar data yang dikeluarkan MotoGP, seringkali absennya Rossi dari seri balapan 2019 membuat pemirsa menyusut. Dibanding tahun 2018, pemirsa capai 2.884.242 orang. Sedang di tahun 2019 pemirsa cuma capai angka 2.863.113. Itu berarti keseluruhan pemirsa menyusut 21.129 orang. Angka pengurangan kemungkinan makin besar bila Rossi betul-betul pensiun.

Bila jumlah pemirsa menyusut karena itu pamor MotoGP akan turun. Ini akan punya pengaruh besar pada penghasilan mereka.

Setelah itu yang ke-2 ialah angka pemasaran marchandise turut alami pengurangan. Outlet marchandise VR46 sendiri jadi jagoan rider lain serta sekelas Marc Merquez.

Lihat banyak kerugian yang akan berlangsung karena itu peluang Rossi untuk pensiun dari MotoGP tidak akan berlangsung dalam tempo dekat. The Doctor nampak terus berlatih serta tidak memperlihatkan signal akan selekasnya pensiun.

Valentino Rossi jadi simbol hidup MotoGP. "The Indirect Merek" MotoGP ini akan terus memperlihatkan tajinya untuk pakar sikuit balap.